Manchester City Belanja Rp 3,8 T dan Kalahkan Rekor Madrid

Manchester City Belanja Rp 3,8 T dan Kalahkan Rekor Madrid
Berita Bola

Manchester City Belanja Rp 3,8 T dan Kalahkan Rekor Madrid

Posted OnJuly 26, 2017 0

Delapan tahun silam Real Madrid membuat rekor sekaligus menggemparkan dunia sepakbola dengan belanja besar-besarannya. Uang yang dihabiskan di musim panas tersebut sekarang dikalahkan oleh Manchester City.

Madrid sudah membangun skuat penuh bintangnya sejak awal periode 2000-an. Namun musim panas 2009 akan selalu diingat suporter Los Merengues terkait dengan banyaknya pemain bintang berharga mahal yang datang ke Santiago Bernabeu.

Cristiano Ronaldo adalah satu-satunya yang datang di musim panas tersebut dengan harganya yang menjadi rekor dunia baru, sebesar 80 juta poundsterling. Padahal sekitar dua pekan sebelumnya Madrid juga membuat rekor transfer ketika memboyong Kaka dari AC Milan sebesar 56 juta poundsterling.

Belanja Madrid tak berhenti di dua pemain itu. Ada juga Xabi Alonso yang diangkut dari Liverpool dengan harga 35 juta poundsterling. Lalu Karim Benzema yang dibanderol AS Monaco dengan banderol 30 juta poundsterling.

Berikutnya adalah Raul Albiol (Valencia), Esteban Granero (Getafq), dan yang terakhir Alvaro Arbeloa (Liverpool).

Jika ditotal, belanja Madrid di musim panas tersebut total menghabiskan 221,5 juta poundsterling. Tak pernah sebelumnya ada sebuah klub yang membelajakan uang sebanyak itu di satu bursa transfer.

Tapi catatan tersebut dipatahkan di musim panas ini. Manchester City yang melakukannya, setelah total mereka menghabiskan 221,7 pound sterling.

Yang menarik, jika Madrid menghabiskan kebanyakan uangnya untuk pemain depan, City justru sebaliknya. Banyak uang dipakai untuk membeli pemain bertipe bertahan (plus kiper).

City malah dua kali memecahkan rekor bek termahal dunia. Pertama saat membeli Kyle Walker dari Tottenham Hotspur (45 juta pound sterling) dan dilanjutkan dengan pembelian Benjamin Mendy dari AS Monaco (49,3 juta pound sterling).

Itu belum termasuk Ederson yang dijadikan kiper termahal di dunia. Dari Benfica dia ditebus dengan harga 34 juta pound sterling. Bek paling murah yang dibeli City pada musim panas ini adalah Eric Garcia dengan harga 1,45 juta pound sterling.

Jika ditotal, belanja City di bursa transfer musim panas ini sudah mencapai 221,7 juta pound sterling.

Angka tersebut bisa bertambahkan mendekati 300 juta poundsterling kalau The Citizens berhasil mendapatkan Alexis Sanchez dari Arsenal.

Belanja Real Madrid di Musim Panas 2009 (221,5 juta pound sterling)
1. Cristiano Ronaldo (Manchester United, 80 juta pound sterling)
2. Kaka (AC Milan, 56 juta pound sterling)
3. Xabi Alonso (Liverpool, 35m juta pound sterling)
4. Karim Benzema (Lyon, 30m juta pound sterling)
5. Raul Albiol (Valencia, 13m juta pound sterling)
6. Esteban Granero (Getafe, 4 juta pound sterling)
7. Alvaro Arbeloa (Liverpool, 3,5 juta pound sterling)

Belanja Manchester City di Musim Panas 2017 (221,7 juta pound sterling)
1. Kyle Walker (Tottenham Hotspur, 54 juta pound sterling)
2. Benjamin Mendy (Monaco, 52 juta pound sterling)
3. Bernardo Silva (Monaco, 43 juta pound sterling)
4. Ederson (Benfica, 35 juta pound sterling)
5. Danilo (Real Madrid, 27 juta pound sterling)
6. Douglas Luiz (Vasco Da Gama, 10,7 juta pound sterling)

Tags: